welcome

welcome to my blog and enjoy the content of it!!!!!!

Selasa, 25 Oktober 2011

Tipe Karakteristik dan Material dari Pipa

*resume dari kuliah sistem perpipaan kapal

pipa adalah alat untuk transportasi fluida (gas dan liquid). biasanya dalam sebuah sistem di kapal dibagi kedalam beberapa bagian antara lain source (tanks, sea chest), transporter (pipe, hawse), power supply (pump, compressor), regulator (valves, fittings, accesories) sinks (tanks, overboard)

tipe pipa berdasarkan manufaktur atau pembentukannya terbagi menjadi 2 macam yaitu;
1. seamless pipe, pipa dibuat dengan melubangi selongsong silinder dengan bara api. biasanya pipa jenis ini dibuat untuk ukuran diameter dibawah 8"

2. welded pipe. pipa dibuat dari plat yang dilas
- longitudinal seam welded pipe
pipa yang terbuat dari plat datar yang ditekuk (dibending) kemudian di las

- spiral welded pipe. terbuat dari plat datar yang digulung spiral kemudian di las.
tipe pipa berdasarkan klasifikasi user dibagi kedalam bagian berikut;
1. standard pipa
2. pressure
3. line
4. water well
5. oil country tubular goods
6. other pipes

tipe pipa berdasarkan materialnya adalah dengan mengikuti gambar bagan berikut:
biasanya dalam pembuatan pipa, bahan yang sering digunakan adalah
- carbon steel
- carbon moly
- galvanees
- ferro nikel
- stainless steel
- PVC
- chrom moly

sedangkan setiap pipa mempunyai kelas tersendiri. kelas tersebut biasanya ditentukan dari regulasi oleh badan yang berwenang (klasifikasi contohnya BKI, GL, ABS) berikut standar kelas pipa yang disarikan dari GL;
- pipa kelas I. adalah pipa yang masuk untuk semua kondisi toxic and corrosive media, inflammable media with service temperature above flash point, inflammable media with a flash point 60 oC, liquified gasses. steam thermal oil dengan design pressure >= 16 bar atau temp>300 oC. air, gas, LO, hydrolic oil, boiler feedwater, condensate, seawater & freshwater for cooling, brine in refrigerating dengan design pres >= 40 bar atau design temp > 300 oC. liquified fuel dengan design press >16 bar design temp>150 oC. cargo and venting lines for gas and chemical tankers pada semua kondisi bisa dipakai pipa jenis ini.

- Pipa kelas II. dan kelas III dapat dilihat dari tabel berikut;
pipe requrements atau syarat pipa dengan ketentuan sebagai berikut;
- flow rate yang berpengaruh besar terhadap diameter. flowrate juga dapat dijadikan sebagai input parameter yang kaitannya didapat dari clas rule dan statutory (solas, marpol) serta project guide dan tergantung oleh design.
- strength yang tergantung dari pressure, temperature, tipe fluida.

1 komentar:

  1. bagaimana perbedaan kekuatan pada longitudinal seam welded pipe dan spiral welded pipe

    BalasHapus