welcome

welcome to my blog and enjoy the content of it!!!!!!

Kamis, 20 Oktober 2011

Belajar dari Jepang Tentang Motivasi untuk Anak Negerinya

Oleh : Samsul Bahri

Kesuksesan sebuah negara kadang diukur dari tingkat prestasinya didunia internasional. Prestasi tingkat internasional tersebut banyak sekali jenis dan bidangnya, diantaranya bidang ilmu pengetahuan, olahraga, teknologi dan bidang lainnya.

Bicara prestasi tidak lepas kaitannya dari motivasi. Karena seseorang atau kelompok yang berprestasi mempunyai motivasi tersendiri agar mereka berprestasi. Datangnya motivasi amat penting, oleh karena itu asal muasal motivasi perlu diketahui sebagai bahan pembelajaran bagi seseorang yang ingin sukses.

Bila ditelusuri lebih dalam asal dari motivasi berasal dari 2 sumber, yang pertama adalah motivasi yang datangnya dari diri sendiri. Motivasi jenis ini sulit atau sangat mustahil untuk mendatangkannya. Bila ada cara untuk mendatangkan motivasi ini dari dalam diri maka angka penduduk yang mati bunuh diri akan turun dengan signifikan karena dia tak lagi beralasan untuk putus asa dan semangat.

Sumber kedua dari asal timbulnya motivasi adalah dari luar individu seseorang. Mendatangkan motivasi jenis ini sangatlah mudah, namun untuk menjaga agar semangat dari motivasi tersebut terus konsisten amatlah sulit. Motivasi ini timbul karena orang yang kita cintai, keluarga, sahabat, dan para orang sukses disekeliling kita.

Banyak hal yang patut kita pelajari agar dapat menimbulkan motivasi yang tinggi. Salah satu hal yang patut kita contoh adalah yang dilakukan orang jepang untuk membangun semangat dan motivasi anak-anaknya. Walaupun tidak secara jelas hal tersebut terlihat namun hal ini patut dijadikan contoh bagi kita. yang istimewa dari orang jepang ialah kemampuan mereka memotivasi generasi mudanya agar terus maju dan berkembang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Cara orang jepang memotivasi anak negerinya adalah dengan cara membuat sebuah tontonan yang dapat memotivasi anaknya untuk mengejar cita-cita yang mereka inginkan. Contoh dari bukti tersebut adalah dengan banyaknya serial kartun atau anime jepang yang jalan ceritanya mengisahkan bahwa sebuah cita-cita itu selalu mungkin untuk dicapai.

Doraemon adalah salah satu contoh dari serial kartun yang banyak diminati bagi anak-anak. Serial kartun yang mengisahkan tentang persahabatan antara robot kucing (doraemon) yang datang dari masa depan dengan nobita salah seorang anak yang kurang pandai disekolahnya. Pesan dari serial doraemon adalah untuk selalu berinovasi menemukan hal-hal menarik yang ada dalam kantong ajaib doraemon agar bisa diwujudkan dalam kehidupan nyata, hal tersebut bukan isapan jempol semata, terbukti dengan penemuan-penemuan ilmuan jepang yang sangat dihargai dunia karena inovasinya yang sangata luar biasa. Walaupun sampai sekarang belum ada ilmuan jepang yang mengaku bahwa temuannya adalah terinspirasi dari serial doraemon tapi pesan yang dibawa dari tayangan tersebut berdampak positif bagi anak-anak jepang bahwa suatu hal apalagi teknologi apapun sangat mungkin diciptakan.

Captain tsubasa adalah serial anak-anak yang mampu menyihir para generasi muda jepang untuk berani bercita-cita. Serial kartun ini berdampak luar biasa bagi prestasi olahraga sepakbola jepang terbukti dengan prestasi tingkat asia yang mereka capai serta dipercayainya mereka menjadi tuan rumah piala dunia 2002 bersama korea selatan, belum lagi bertaburannya pemain-pemain jepang yang berlaga di liga-liga eropa yang kesemuanya itu mungin terinspirasi dari cerita captain tsubasa yang bercita-cita menjadi pesepakbola hebat dunia dan membawa jepang menjadi juara dunia. Semangat captain tsubasa pun memberikan inspirasi bagi anak-anak untuk selalu semangat mengejar cita-cita dan berusaha menjauhi segala hal negative yang dapat membuat mereka hancur.

Serial selanjutnya adalah detective conan yang menceritakan seorang detective cilik dengan beberap temannya yang berusaha memecahkan kasus kriminal yang mereka hadapi. Ragam cerita dari serial kartun tersebut adalah memberikan inspirasi bagi anak-anak untuk mengembangkan kemampuan analisisnya dalam menyelesaikan masalah. Diajarkan pula bagi mereka semangat pantang menyerah dalam menghadapi sebuah persoalan yang dihadapi.

Tiga contoh diatas adalah contoh yang sering kita lihat sehari-hari karena contoh-contoh tersebut serial yang pernah atau sedang tayang ditelevisi di negeri ini. Di televisi jepang mungkin terdapat ratusan tayangan yang memacu motivasi anak-anaknya untuk bercita-cita dan berusaha. Cerita mengenai mengejar cita-cita dalam sebuah bidang kehidupan tersebut yang menjadikan sumber daya jepang sangat umggul baik dalam aspek teknis maupun aspek motivasi. Patut kita contoh apa yang mereka lakukan untuk membangun semangat anak-anak bangsanya dengan membuat tayangan yang berkualitas dan mendatangkan efek yang positif bagi anak bangsanya, bukan menghadirkan tayangan yang bersifat racun bagi anak bangsanya sendiri yang akan membunuh karakter dan moral bangsa dari anak negerinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar