welcome

welcome to my blog and enjoy the content of it!!!!!!

Jumat, 12 Februari 2010

Karya tulis ilmiah

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Ujian nasional kini menjadi kontroversi keberadaannya, karena sebagian pihak menganggap ujian nasional melanggar Undang-Undang sistem pendidikan nasional yang secara garis besar menyebutkan bahwa kelulusan siswa ditentukan oleh sekolah. Pemerintah berpendapat sebaliknya dan tetap mellaksanakan Ujian Nasional. Ditengah kontroversi tersebut Ujian Nasional memang menjadi momok yang menakutkan bagi para pelajar untuk itu dibituhkan jalan tengah yang dapat memberikan solusi yang membuat semua pihak tidak terbebani.
Masalah dunia pendidikan bukan saja hanya pada Ujian Nasional, banyak sekali masalah yang memerlukan solusi untuk penyelesaiannya. Diantara masalah-masalah dalam dunia pendidikan adalah rendahnya minat pelajar dalam hal ini adalah kaum remaja terhadap dunia keilmiahan, hal tersebut terbukti dari jumlah publikasi-publiksai ilmiah yang dibuat oleh pelajar. Hal ini adalah masalah yang amat serius bagi dunia pendidikan dimana kemajuan suatu bangsa dinilai dari sumber daya manusianya yang memiliki pendidikan yang memadai dan hal tersebut biasanya dibuktikan dengan inovasi-inovasi dibidang keilmiahan.
Karya tulis ilmiah adalah salah satu wadah untuk menyampaikan gagasan dan ide-ide kreatif para penulis sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan actual yang dihadapai masyarakat. Karya tulis juga adalah wujud paling sederhana dari publikasi ilmiah yang dapat dibuat oleh siapapun. Maka dapat disimpulkan bahwa rendahnya minat pelajar terhadap bidang keilmiahan berdampak pada rendahnya gagasan-gagasan yang memberikan solusi bagi masyarakat.
Perlunya minat generasi muda terhadap keilmiahan sangat diperlukan, selain karena alasan diatas. Diharapakan dari generasi muda tersebut muncul gagasan-gagasan yang sangat bermanfaat dan dapat dijadikan solusi bagi permasalahan masyarakat. Selain itu, biasanya ide-ide yang muncul dari generasi muda berisi ide-ide kreatif unik dan inovatif maka tak heran bila generasi muda sangat diharapkan perannya sebagai intelektualis yang bukan hanya bicara saja dalam suatu permasalahan, namun juga dapat memberikan solusi-solusi atas permasalahan yang ada.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan fakta-fakta yang melatarbelakangi masalah diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apakah penggunaan karya tulis ilmiah layak digunakan sebagai syarat kelulusan siswa menengah atas atau sederajat?
2. Apakah penggunaan karya tulis ilmiah dapat meningkatkan potensi keilmiahan remaja Indonesia?
3. Apakah penggunaan karya tulis ilmiah dapat menjadi solusi ditengah maraknya kontroversi mengenai Ujian Nasional?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah:
1. Menjadikan karya tulis ilmiah sebagai syarat kelulusan sisawa sekolah menengah atas atau sederajat.
2. Meningkatkan potensi keilmiahan remaja Indonesia lewat karya tulis.
3. dapat menjadi solusi ditengah kontroversi Ujian Nasional sebagai syarat kelulusan.
1.4 Manfaat Penulisan
Dalam penyusunan karya tulis ini manfaat yang bisa diambil adalah dengan pengguanaan karya tulis ilmiah dapat meningkatkan potensi ilmiah dari para remaja khususnya dan dapat menjadi wadah bagi ide atau gagasan kreatif terhadap suatu permasalahan serta pengguanaan karya tulis ini dapat pula menjadi solusi bagi permasalahan didunisa pendidikan.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah adalah suatu bentuk publikasi ilmiah yang berisi tentang gagasan-gagasan dalam permasalahan yang dituangkan dalam sebuah tulisan dengan sistematika tertentu. Sebuah karya tulis mempunyai kedudukan yang amat penting khususnya bagi kalangan akademisi dalam menyampaikan pandangan ilmiahnya. Karya tulis ilmiah dapat menjadi akses dalam menuliskan ide-ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Dalam dunia pendidikan dan keilmiahan kedudukan karya tulis ilmiah sangat penting karena dapat menjadi wadah untuk mengekspresikan ide atau gagasan dan dapat memberikan nilai positif bagi penulisnya.
Baru-baru ini karya tulis ilmiah digunakan sebagai standar minimal portofolio untuk guru dan dosen. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan budaya menulis di negeri ini, dan bagi para guru dan dosen kulitas pengajaran merekapun akan meningkat seiring dengan pertumbuhan minat mereka terhadap karya tulis ilmiah. Kualitas pendidikan dinegeri ini perlahan akan naik karena minat terhadap bidang keilmiahan sangat tinggi.
Membuat karya tulis ilmiah tidaklah sulit, karena yang dibutuhkan hanyalah ide atau gagasan dari penulis. Maka tidak ada alasan bagi siapapun untuk berpendapat bahwa membuat karya tulis ilmiah adalah sesuatu yang sulit. Apalagi akses masyarakat terhadap media sebagai sarana untuk mencari ide cenderung membesar. Seperti digambarkan tabel dibawah masyarakat semakin banyak memiliki pilihan untuk mengakses media sebagai sumber informasi dan juga inspirasi mereka dalam membuat karya tulis ilimiah.


Akses Terhadap Media Masa
Indikator Terpilih 1993 1994 1996 1997 1998 2000 2003 2006
Persentase Penduduk Berumur 10 Tahun Ke Atas yang Mendengarkan Radio 63.59 63.91 50.46 59.17 64.52 43.72 50.29 40.26
Persentase Penduduk Berumur 10 Tahun Ke Atas yang Menonton Televisi 64.77 69.43 69.31 78.22 88.72 87.97 84.94 85.86
Persentase Penduduk Berumur 10 Tahun Ke Atas yang Membaca Koran/Majalah 23.31 23.15 18.33 22.83 28.36 17.47 22.06 23.46
sumber: BPS

2 komentar:

  1. hi bro sa kse tau nda cara bkin papers tentang kaya ilmiah dengan blog??? bantuind dunkzzz heheeheheh.........

    BalasHapus
  2. lagi ikutan yoba buat KTI tenteng kemajuan anak jalanan yang di pandang sebelah mata,ada info kah??

    BalasHapus